Mantan Gembong Narkoba Kolombia Tewas di Penjara AS

Forumterkininews.id, Bogota – Mantan pemimpin kartel narkoba Cali yang pernah berkuasa di Kolombia, Gilberto Rodriguez Orejuela meninggal dunia di Amerika Serikat Rabu (1/6). Rodriguez tewas saat menjalani hukuman 30 tahun penyelundupan narkoba.

Rodriguez diekstradisi ke Amerika Serikat pada tahun 2004. Pria 83 tahun itu menjalani hukuman di penjara federal di Butner, Carolina Utara.

“Anak-anak dan istri Gilberto Rodriguez Orejuela dengan menyesal menginformasikan bahwa kemarin, Selasa (31/5), pukul 18.54. Ayah dan suami kami meninggal karena limfoma,” kata keluarganya dalam sebuah  pernyataan yang dibagikan oleh putri Rodriguez, Alexandra, dikutip Reuters.

Saat ini, mereka memulai proses pengiriman  jenazahnya kembali ke Kolombia. Penangkapan Rodriguez tahun 1995 oleh otoritas Kolombia menandai awal dari disintegrasi kartel Cali. Dimana kartel ini pernah menguasai 80% pasar kokain global. Hal ini berdasarkan laporan kontemporer dari Administrasi Penegakan Narkoba AS.

Saudara laki-laki Rodriguez, Miguel, ditangkap dua bulan kemudian dan juga menjalani hukuman di Amerika Serikat. Saudara-saudara mengerahkan bom dan penjaga terhadap musuh pengedar narkoba mereka Pablo Escobar, yang tewas dalam operasi polisi pada tahun 1993, dan rekan-rekannya.

Artikel Terkait