Buntut Sentimen Rusia, Jet Mewah Abramovich Ikut Disita Pihak AS

Forumterkininews.id, Washington – Pengadilan AS mengeluarkan surat perintah sita dua pesawat mewah milik Roman Abramovich. Surat perintah ini termasuk bagian sanksi yang dijatuhkan pada mantan pemilik klub sepak bola Chelsea karena perang Ukraina.

Melansir SkyNews, Rabu, (8/6),  pesawat-pesawat itu adalah Boeing 787 Dreamliner senilai $350 juta (Sekitar  Rp5 triliun). Pesawat mutakhir yang digunakan banyak maskapai penerbangan top dunia. Kemudian, pesawat kedua yakni Gulfstream G650 ER senilai $60juta (sekitar Rp873 miliar).

Miliarder Rusia itu sebelumnya harus menjual klub sepak bola Chelsea. Karena sanksi Inggris dijatuhkan pada orang-orang yang diyakini memiliki hubungan dengan Presiden Vladimir Putin dan negara Rusia.

Abramovich membantah memiliki hubungan dekat dengan Putin dan terlibat sampai batas tertentu dalam mediasi antara Rusia dan Ukraina pada hari-hari awal perang.

Pihak berwenang mengatakan jet Gulfstream sendiri telah terbang dari Istanbul ke Moskow pada 12 Maret, berangkat keesokan harinya ke Tel Aviv dan melakukan perjalanan dari Istanbul ke Moskow lagi pada 15 Maret.

Pesawat-pesawat itu dibuat di Amerika dan karena penerbangan dilakukan setelah sanksi dimulai, Abramovich akan membutuhkan lisensi dari Departemen Perdagangan untuk menggunakannya. Tidak ada lisensi yang diminta dan dia bisa menghadapi denda hingga $328.000 per penerbangan, di antara tindakan lainnya.

Terlepas dari surat perintah itu, Abramovich belum secara pribadi dikenai sanksi di AS seperti di Inggris dan Uni Eropa.

Artikel Terkait