Indonesia Sikat Kuwait 2-1, Rachmat Irianto: Kami Percaya Diri

Forumterkininews.id, Jakarta – Kemenangan perdana dicatat tim nasional Indonesia dalam mengarungi persaingan Grup A babak kualifikasi Piala Asia 2023, setelah menundukkan tuan rumah Kuwait 2-1, di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6) malam.

Rachmat Irianto tampil sebagai penentu kemenangan tim Merah Putih lewat golnya pada menit ke-46 memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Kemenangan ini memiliki arti penting dan bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia kembali dapat mengalahkan Kuwait setelah terakhir kali meraih kemenangan pada 1980.

Sebelum memastikan kemenangannya tim asuhan Shin Tae-yong harus tertinggal lebih dulu pada menit ke-40 lewat sundulan Yousef Al Sulaiman meneruskan umpan dari Bader Al Almotawaa.

Namun keunggulan tim tuan rumah hanya bertahan sesaat. Memasuki menit ke-44 sebuah pelanggaran terjadi di depan gawang Kuwait ketika serangan dilakukan Indonesia.

Rachmat Irianto yang masuk ke area penalti dari sisi kanan mendapat ganjalan dari penjaga gawang lawan, Rashed Al Dousari . Tak pelak, wasit langsung meniup peluit dan menunjuk titik putih.

Pemain naturalisasi Marc Klok tampil sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Keberhasilan Indonesia mencetak gol pada babak kedua tak lepas dari pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong.

Shin memasukkan pemain baru seperti Witan Sulaeman dan Muhammad Rafli untuk menambah daya gedor serangan Indonesia.

Gol Rachmat berawal dari aksi Witan di dalam kotak penalti lawan yang berujung kemelut ketika bola tendangan Witan mental terkena kaki pemain Kuwait. Bola mental inilah yang kemudian dimanfaatkan Rachmat dengan meneruskannya ke gawang. Skor pun berubah 2-1.

“Pertandingan yang luar biasa, kami tertinggal terlebih dahulu namun kami mampu membalikan keadaan dan meraih kemenangan. Torehan tiga poin ini membuat kami percaya diri menatap dua laga selanjutnya. Kami ingin lolos ke Piala Asia 2023,” kata Irianto, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA:   OTT KPK, Hakim dan Panitera PN Surabaya Tersangka

Sementara itu dalam pertandingan Grup A lainnya Jordania menang atas Nepal 2-0.

Dengan kemenangan ini Indonesia meraup poin penuh 3 dan menempati posisi kedua. Sedangkan puncak klasemen sementara ditempati Jordania nilai 3.

Dalam pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Jordania, Minggu (12/6) dini hari WIB.

 

Artikel Terkait