Dikeluhkan Warga, Trotoar di Depan Pasar Ciracas Segera Ditata

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) merespon keluhan warga atas semrawutnya kawasan depan Pasar Ciracas, Jakarta Timur. Respon tersebut direalisasikan dengan melakukan penataan trotoar.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan mengatakan dari hasil pantauan, kondisi di depan Pasar Ciracas memang semrawut. Menurutnya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot untuk melakukan pembenahan.

Menurutnya, keluhan warga merupakan bentuk kerja kolaborasi. Kemudian pedagang yang tidak tertib juga merupakan bagian dari pemkot Jakarta Timur. Untuk itu penataan akan mengedepankan humanisme.

“Kami menindaklanjuti keluhan warga dan kami telah membentuk tim terpadu untuk menata trotoar,” kata Fredy Setiawan di Jakarta, Kamis.

Fredy mengatakan, tim tersebut bertugas melakukan invetarisasi masalah yang terjadi di kawasan tersebut. Mulai dari kondisi trotoar, kemudian kondisi pedagang. Juga soal kondisi akses jalan warga. Semua itu menjadi penilaian tim terpadu.

Fredy menambahkan, trotoar di depan Pasar Ciracas itu kerap dijadikan sebagai tempat para pedagang musiman berjualan.

Sebelum menata trotoar, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada pedagang musiman dan tukang parkir liar. Sosialisasi terhadap pedagang musiman dilakukan agar bisa ada pembinaan dari pihak terkait. Kemudian untuk urusan parkir akan berkoordinasi dengan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur.

“Langkah awalnya kami lakukan sosialisasi dan imbauan agar fungsi (trotoar) dan jalan dapat kembali normal. Intinya dalam penyelesaian masalah, harus mengedepankan win-win solution. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan,” kata Fredy.

Artikel Terkait