Rumor Hadi Tjahjanto Gantikan Sofyan Djalil Makin Kencang

Forumterkininews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Jenderal Purnawirawan Hadi Tjahjanto sebagai menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta. Para menteri dan wakil menteri akan diperkenalkan ke publik pada 13.30 WIB.

“Pelantikan hanya dua menteri, lainnya wakil menteri,” kata sumber yang tidak bisa disebutkan, Rabu (15/6).

Sementara itu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas infonya akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutffi.

Jokowi sebelumnya telah memanggil sejumlah tokoh ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (15/6). Para tokoh itu melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi secara bergantian.

Beberapa tokoh yang hadir kemarin sore adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn.) Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Hadi Tjahjanto dinilai sebagai sosok yang layak untuk menangani bidang pertanahan, mengingat saat ini Pemerintah sedang membangun Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

Sementara upaya untuk menggeser M Lutfi dari kursi Menteri Perdangangan sudah lama berhembur. Pasalnya beberapa kebijakan Mendag dinilai membuat gaduh. Terkahir soal polemik minyak goreng, dimana Kejaksaan Agung telah menetapkan lima orang tersangka. Salah satu dari lima tersangka yakni Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana (IWW).

Artikel Terkait