Berumur 20 Tahun, Sri Yuniarsih Jadi Calon Jemaah Haji Termuda

Forumterkininews.id, Jakarta – Sri Yuniarsih (20) menjadi calon haji termuda pada Kelompok Terbang (Kloter) I Embarkasi Makassar.

“Usia saya tahun ini masuk 20 tahun,” jelas Sri di sela penerimaan Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter I Makassar di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis, (16/6).

Sri mengatakan, sebenarnya yang terdaftar untuk berangkat haji adalah kedua orang tuanya. Dirinynya dijadwalkan berangkat bersama sang ayah. Tetapi ada pemotongan kuota, sehingga sang ayah belum bisa berangkat ke Tanah Suci.

Dia mengatakan keberangkatan ke Tanah Suci ini menggantikan porsi ibunya yang wafat tahun 2021. Mahasiswa Universitas Veteran ini meengatakan, ayah dan ibunya sudah mendaftar haji 12 tahun lalu. Kemudian keduanya mendapatkan giliran pemberangkatan haji dua tahun lalu.Namun karena pandemi COVID-19, pemberangkatan tertunda dua tahun sesuai kebijakan pemerintah.

“Barulah tahun ini, pemberangkatan ke Tanah Suci dibuka kembali, namun ibu saya meninggal tahun lalu. Dan ayah saya terkena imbas pemotongan kuota,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Karena itu, selaku ahli waris ia menggantikan ibunya berangkat ke Tanah Suci. Dirinya juga berencana membadalhajikan ibunya saat tiba di Mekkah.

Kendati ada rasa sedih dan sedikit khawatir karena akan berangkat ke Tanah Suci tanpa didampingi ayahnya. Namun ia meyakini bahwa ini sudah jalan yang digariskan Allah SWT.

“Insya Allah saya berserah diri pada Allah dan siap lahir batin untuk menjalankan rukun Islam kelima ini,” katanya dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, H Khaeroni mengatakan Sri adalah seorang dari total 393 JCH Kloter I yang dijadwalkan akan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar pada Jumat (17/6) pukul 01.00 Wita.

Kloter I Embarkasi Makassar ini merupakan JCH gabungan dari Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Soppeng dan sudah masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar sejak pukul 07.00 Wita.

BACA JUGA:   Lambaian Tangan Jessica Wongso Bebas Bersyarat: Masih Wajib Lapor 8 Tahun

“Semua yang masuk asrama hari ini dinyatakan telah memenuhi syarat secara administrasi dan fisik,” katanya.

Artikel Terkait