Dua Bobotoh Tewas, Lanjutan Laga Grup C Piala Presiden 2022 Tanpa Penonton

Forumterkininews.id, Bandung – Pertandingan babak lanjutan Grup C Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Kota Bandung akan dialihkan ke Stadion Si Jalak Harupat. Dimana sebelumnya laga ini digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Pemindahan ini merupakan buntut dari tewasnya dua Bobotoh asal Jawa Barat (Jabar) yang hendak memaksa masuk Stadion GBLA saat Persib Bandung menjamu Persebaya Surabaya, Jumat (17/6) malam.

Pengalihan laga lanjutan ini sudah dirundingkan antara pihak kepolisian dan PSSI selaku penyelenggara Piala Presiden 2022, panitia pelaksana. Tidak hanya itu, beberapa suporter juga diundang untuk mengambil keputusan pindah stadion. Dengan catatan semua laga digelar tanpa penonton.

“Hasilnya pertandingan tetap dilaksanakan pada hari ini, Bali United dan Persebaya di Jalak Harupat tanpa penonton. Kemudian Selasa Bhayangkara dan Persib juga tanpa penonton,” kata Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo di Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (20/6).

Suporter Diminta Tidak Datang ke Stadion Si Jalak Harupat

Melalui keputusan tersebut, aparat hukum meminta manajemen klub dan pihak terkait lainnya membantu petugas kepolisian. Bantuan ini berupa permintaan kepada suporter untuk tidak menonton langsung di Stadion Si Jalak Harupat.

“Kami mengimbau silakan menyaksikan di rumah masing-masing saja dan silakan beberapa kelompok nonton bareng di tempatnya masing-masing. Namun tidak untuk hadir di stadion,” terangnya.

Kendati demikian, Polresta Bandung tetap menjalankan tugas pengamanan dengan mengerahkan personel kepolisian. Kebijakan ini untuk mengantisipasi adanya suporter yang datang ke stadion.

“Ada 1.300 personel yang disiapkan, baik malam ini ataupun besok. Kami perkuat di jalan raya, pintu tol untuk menghalau. Kemudian di pintu masuk kawasan dan di pintu tribun,” beber Kusworo.

BACA JUGA:   Moeldoko Tantang Anak Muda Purwokerto Wujudkan Indonesia Emas

Sebelumnya diberitakan, Polda Jabar tengah memeriksa para petugas Stadion GBLA pasca meninggalnya dua Bobotoh lantaran memaksa masuk untuk menonton laga tim kesayangannya Persib Bandung yang menjamu Persebaya Surabaya, Jumat (17/6) malam.

Berdasarkan keterangan, pihak panitia hanya menyediakan tiket sebanyak 15.000 sesuai keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.

Namun, sedikitnya penjualan tiket membuat suporter Persib Bandung merasa tak puas dengan regulasi tersebut, hingga akhirnya kurang lebih 38 ribu penonton berdesakan masuk Stadion GBLA.

Artikel Terkait