Indonesia dan Bulgaria Siap Kolaborasi di Sektor Digital

Forumterkininews.id, Jakarta – Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia Petar Andonov mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Indonesia dalam hal inovasi digital.

Bulgaria sebagai rumah bagi inovasi digital dan juga teknologi dan informasi di kawasan Eropa Tenggara, membuka diri untuk tidak hanya di level para pemangku kebijakan tapi juga antar bisnis seperti kerjasama startup atau perusahaan teknologi lainnya.

“Saya rasa kita bisa bekerjasama di banyak area, termasuk riset dan pengembangan, lalu pertukaran pengalaman, serta juga pertukaran di masa depan terkait digitalisasi,” kata Andonov, saat hadir dalam pertemuan dengan Menkominfo Johny G Plate, di Jakarta, Senin (27/6).

Tak hanya itu, ia mengatakan kerja sama di masa depan akan mencakup keamanan siber yang merupakan salah satu area penting dalam kerjasama antara Bulgaria dan Indonesia. Sejalan dengan Andonov, Menkominfo Johny G Plate juga menyebut adanya kerja sama dalam penanganan siber security.

Menurutnya, pembahasan ini penting agar penegak hukum Indonesia maupun Bulgaria menanganinya secara serius agar ruang digital yang ada tetap sehat dan bermanfaat bagi masyarakat.

”Tentu kita menyambut baik segala bentuk kerjasama bilateral. Kita tahu  Indonesia sendiri punya pertumbuhan ekonomi digital yang sangat tinggi. Dan ini menarik minat bagi dunia usaha dan sektor digital di Bulgaria. Kita membuka ruang kerja sama yang luas dengan tetap kedepankan agar tata kelola ruang Digital dapat dilakukan dengan baik,” ucapnya.

 

 

Artikel Terkait