G7 Nyatakan Dukungan Penuh untuk Ukraina

Forumterkininews.id, Berlin – Para pemimpin ekonomi maju G7 berjanji memperluas dukungan penuh dalam hal keuangan, militer dan kemanusiaan untuk Ukraina. Para pemimpin ini menekankan bahwa negara itu harus dapat menjaga kedaulatannya dan memilih masa depannya sendiri.

Kelompok ini menyatakan komitmennya mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari kedua KTT G7 di Schloss Elmau di Pegunungan Alpen Bavaria, Senin (27/6).

“Kami berkomitmen membantu Ukraina menegakkan kedaulatan dan integritas teritorialnya. Hal ini untuk mempertahankan diri, dan untuk memilih masa depannya sendiri,” kata pernyataan para pemimpin G7 dikutip Politico.

Dengan invasi Rusia ke Ukraina yang sekarang memasuki bulan kelima, negara-negara G7 akan terus mengoordinasikan upaya untuk memenuhi kebutuhan mendesak Ukraina. Terutama untuk peralatan militer dan pertahanan.

Serta memberikan Ukraina materi, pelatihan dan logistik, intelijen, dan dukungan ekonomi untuk membangun angkatan bersenjatanya. Mereka juga berjanji untuk memperluas kerja sama intelijen dan berbagi informasi.

Negara-negara G7 juga mengatakan mereka akan memperketat sanksi terhadap Rusia dalam beberapa hari mendatang. Hal ini untuk mengurangi pendapatan Rusia, termasuk dari emas. Dan untuk lebih membatasi akses Rusia ke teknologi utama, terutama ketika menyangkut industri persenjataan Rusia.

G7 sendiri terdiri dari  Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat itu .

Artikel Terkait