Revitalisasi Pasar Gembrong Ditargetkan Selesai September 2022

Forumterkininews.id, Jakarta -Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membangun Kampung Gembira Gembrong di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/7). Pembangunan ini sebagai pengganti 136 unit rumah korban kebakaran pasar itu beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah pagi ini kita lakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Kampung Gembrong ini. Rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Jumat.

Anies menjelaskan rumah sebanyak itu akan direvitalisasi dan ditargetkan rampung September 2022.

Anies menyebutkan, pembangunan permukiman warga Pasar Gembrong tersebut menelan biaya hingga Rp7,6 miliar dengan sumber anggaran dari Baznas Bazis Jakarta.

Dia mengatakan pembangunan kembali permukiman korban kebakaran Pasar itu dirancang agar memberikan kenyamanan.

Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Tak hanya permukiman warga, namun juga dibangun ruang terbuka ramah anak hingga lanjut usia (lansia).

“Rancangannya menjadi kampung yang nyaman bagi semua. Bukan sekadar bangun unit per unit tapi membangun kampung yang terintegrasi,” ujar Anies.

Lebih lanjut Anies berharap pembangunan Kampung Gembira Gembrong berjalan sesuai rencana dan bisa kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang terdampak musibah kebakaran.

“Awalnya pengembalian tempat ini untuk bisa dihuni kembali. Sesudah itu mereka nanti insya Allah bisa berusaha lagi sehingga nanti bisa lebih sejahtera,” kata Anies.

Seperti diketahui, saat ini korban kebakaran pasar Gembrong menempati Rusunawa Cipinang Besar Utara.

Artikel Terkait