Bangkrut, Presiden Sri Lanka Minta Bantuan Putin

Forumterkininews.id, Kolombo – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan pihaknya meminta pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk membantu negara kepulauan yang kekurangan uang itu. Rajapaksa berharap Putin bisa mengimpor bahan bakar di saat negaranya berjibaku dengan krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade.

“(Saya) telah melakukan telecon yang sangat produktif dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin,” kata Gotabaya Rajapaksa dalam cuitannya di Twitter, Rabu (6/7) dikutip Reuters.

Ia juga meminta dukungan kredit dari Rusia untuk mengimpor bahan bakar. Mengingat stok bensin dan solar yang hampir habis, Sri Lanka memperpanjang penutupan sekolah di seluruh negeri. Pemerintah juga meminta pegawai negeri untuk bekerja dari rumah.

Sri Lanka sebelumnya juga  membeli minyak dari Rusia untuk mengatasi krisis. Kemudian pemerintah mengindikasikan bersedia untuk melakukan pembelian lebih lanjut.

“Kami dengan suara bulat sepakat memperkuat hubungan bilateral di sektor-sektor pariwisata, perdagangan & budaya. Yang terpenting dalam memperkuat persahabatan yang dimiliki kedua negara,” kata Rajapaksa.

Sri Lanka telah berjuang untuk mengimpor bahkan kebutuhan pokok, di tengah kekurangan devisa. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam pengurusan ekonomi dan dampak krisis COVID-19, yang kemudian menyebabkan kekurangan obat-obatan, makanan, dan bahan bakar yang parah.

Artikel Terkait