Tips Makan Daging di Tengah Wabah PMK

Forumterkininews.id, Jember – Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443H masyarakat tentunya mengkonsumsi daging kurban. Di Tengah maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mengkonsumsi daging yang sehat.

Pemerintah Indonesia menerbitkan SE Nomor 10 Tahun 2022 tentang panduan dan pelaksanaan hewan kurban dengan tujuan memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam pelaksanaan kurban tahun 1443 H/2022 M di tengah wabah PMK pada hewan ternak.

Pakar pangan yang juga Koordinator Kelompok Riset Pangan ASUH Universitas Jember (Unej) Dr Nurhayati, dikutip dari Antara (9/7) mengatakan, rasa aman sudah diupayakan, namun tidak sedikit dari masyarakat membatasi asupan konsumsi hewan sembelihan karena alasan kesehatan. Seperti kolesterol, darah tinggi dan penyakit degeneratif lainnya.

Ia juga membagikan tips makan daging yang sehat di tengah maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hewan Kurban Harus Memenuhi Syariat Islam

Tidak hanya sehat, namun hewan sembelihan kurban harus memenuhi syariat Islam untuk status halal. Disembelih secara syariat Islam, dan diolah tanpa ingredient nonhalal.

Daging yang belum dikonsumsi segera dibekukan tanpa dicuci

Pencucian daging dapat menyebabkan kontaminasi kuman atau mikroba dari air yang kurang bersih. Juga meningkatkan nilai aktivitas air daging mengakibatkan kerusakan daging seperti pucat akibat lisis mineral maupun hidrolisis.

Konsumsi Daging Secukupnya, Lengkapi dengan Sayur atau Buah

Konsumsi daging tidak berlebihan sebatas 50-70 gram per hari atau 350-500 gram per pekan. Kemudian dilengkapi asupan pangan lainnya yang kaya serat. Seperti sayur mayur dan buah agar melancarkan pembuangan sisa cerna. Serta meningkatkan keasaman usus besar untuk memicu penggelontoran garam empedu. Sehingga mengurangi kolesterol darah untuk keseimbangan intake dan uptakenya.

BACA JUGA:   Cegah "Microsleep" Ketika Mudik, Bisa Sebabkan Kecelakaan

Mengonsumsi buah nanas merupakan cara jitu untuk mengimbangi pangan berkolesterol tinggi. Selain relatif murah terjangkau harganya, buah nanas berserat tinggi, kaya akan vitamin, serta mengandung enzim protease bromelin.

Selain itu, ia mengingatkan sempurnakan konsumsi sembelihan kurban dengan mengucap doa, sehingga tidak hanya menyebabkan kenyang namun juga sarat makna manfaat.

Artikel Terkait