PM Baru Inggris Diumumkan 5 September, Begini Teknis Penunjukannya

Forumterkininews.id, London-  Perdana menteri baru Inggris pengganti Boris Johnson diumumkan 5 September mendatang. Pengumuman akan dilakukan setelah diadakan pemungutan suara. Sejauh ini, 11 kandidat telah mencalonkan diri  untuk menggantikan Johnson sebagai pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa.

Komite 1922 anggota parlemen Konservatif (MP) yang menyelenggarakan pemilihan mengatakan, calon akan membutuhkan setidaknya 30 dukungan suara dari total 358 anggota parlemen partai untuk melanjutkan ke putaran pertama pemungutan suara pada Rabu (13/7).

Siapa pun yang kemudian menerima kurang dari 30 suara akan dieliminasi sebelum pemungutan suara lain menyusul pada hari Kamis.

“Saya sangat ingin kita menyelesaikan ini dengan lancar, bersih, dan secepat mungkin,” kata ketua panitia Graham Brady, dikutip Reuters.

Menurutnya, bidang tersebut dipangkas menjadi dua kandidat terakhir oleh anggota parlemen. Sebelumnya pemungutan suara pos anggota Partai Konservatif, jumlahnya kurang dari 200.000.

Sebuah jajak pendapat untuk situs web Rumah Konservatif pada hari Senin menemukan mantan menteri pertahanan Penny Mordaunt adalah yang paling populer di kalangan anggota. Diikuti menteri kesetaraan, Kemi Badenoch dan Rishi Sunak, yang pengunduran dirinya sebagai menteri keuangan membantu menjatuhkan Johnson.

Pertarungan untuk mengamankan jabatan puncak terjadi setelah salah satu periode paling kacau dalam sejarah politik Inggris modern. Ketika lebih dari 50 menteri dan pembantu pemerintah berhenti, mencela karakter, integritas, dan ketidakmampuan Johnson untuk mengatakan yang sebenarnya.

Artikel Terkait