Tiba di Singapura, Presiden Sri Lanka Ajukan Pengunduran Diri

Forumterkininews.id, Singapura – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengajukan pengunduran dirinya tak lama setelah tiba di Singapura pada Kamis (14/7) malam.

Surat pengunduran diri Gotabaya Rajapaksa akan diperiksa sebelum pengumuman resminya yang dijadwalkan pada Jumat (15/7), kata juru bicaranya, Indunil Yapa.

Merespon kabar mundurnya Sri Lanka, sejumlah warga menyambutnya dengan gembira, beberapa mengibarkan bendera nasional, menari dan bernyanyi dalam perayaan di luar sekretariat presiden ketika berita pengunduran diri itu menyebar.

“Ini adalah kemenangan yang monumental. Tapi itu hanya langkah pertama,”kata seorang pengunjuk rasa dikutip AFP.

Rajapaksa akan menjadi presiden pertama yang mengundurkan diri sejak Sri Lanka mengadopsi sistem pemerintahan presidensial pada 1978.

Di bawah konstitusi Sri Lanka, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe – yang pengunduran dirinya juga dituntut oleh pengunjuk rasa – akan secara otomatis menjadi penjabat presiden sampai parlemen dapat menunjuk penggantinya.

Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diketahui ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka pada Rabu, setelah pengunjuk rasa menyerbu istananya pada akhir pekan. Usai melarikan diri ke Maladewa kemudian ke Singapura.

Mantan presiden Maladewa Mohamed Nasheed diyakini telah memainkan peran di balik layar dalam membantu mengeluarkannya dari negara itu, dan mengatakan Rajapaksa khawatir dia akan dibunuh jika dia tetap tinggal.

Artikel Terkait