Perdana Menteri Sri Lanka Dilantik Sebagai Presiden Sementara

Forumterkininews.id, Kolombo – Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai presiden sementara Jumat (15/7). Jabatan ini akan diemban sampai parlemen memilih pengganti Gotabaya Rajapaksa secara resmi.

Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan, presiden baru akan ditunjuk dengan cepat. Prosesnya diselesaikan dalam waktu tujuh hari.

Presiden baru akan menjalani sisa masa jabatan Rajapaksa, yang berakhir pada 2024. Orang itu berpotensi menunjuk perdana menteri baru, yang kemudian harus disetujui parlemen.

Sebelumnya, Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka pada hari Rabu dengan pengunjuk rasa menyerbu kediaman presiden dan kediaman resmi perdana menteri.

Rajapaksa adalah bagian dari salah satu keluarga politik paling kuat di Sri Lanka dalam sejarah pasca-kemerdekaan negara itu.

Rakyat yang marah akibat krisis berkepanjangan telah menyalahkan keluarga Rajapaksa dan sekutunya atas inflasi yang tak terkendali, kekurangan barang-barang pokok dan korupsi.

Walau keluarga telah membantah tuduhan korupsi, tetapi Rajapaksa mengakui bahwa beberapa kebijakannya berkontribusi pada kehancuran tersebut.

Artikel Terkait