Pemimpin Oposisi Sri Lanka Batal Maju jadi Capres

Forumterkininews.id, Kolombo – Pemimpin oposisi Sri Lanka Sajith Premadasa pada Selasa (19/7) mengumumkan pengunduran dirinya dari bursa  pencalonan presiden.

Melansir CNA, Premadasa menjanjikan dukungannya kepada kandidat saingan yang akan menghadapi penjabat presiden Ranil Wickremesinghe.

“Demi kebaikan negara  yang saya cintai dan orang-orang yang saya sayangi, saya menarik pencalonan diri untuk posisi presiden,” kata Premadasa di Twitter.

Dia mengatakan oposisi utamanya, partai Samagi Jana Balawegaya dan aliansi beserta mitra oposisinys akan bekerja keras menjadikan Dullas Alahapperuma pemenang.

Mantan jurnalis Alahapperuma, seorang anggota parlemen partai berkuasa yang telah lama beroperasi di bawah bayang-bayang keluarga Rajapaksa. Dirinya dinilai lebih dapat diterima oleh para pengunjuk rasa daripada Wickremesinghe. Mahasiswa dan kelompok lain merencanakan protes massal terhadap pencalonan Wickremesinghe sebagai presiden,

Wickremesinghe  mengambil alih penjabat presiden pekan lalu setelah pemberontakan rakyat terhadap meroketnya harga dan kekurangan makanan serta bahan bakar. Kondisi ini memaksa Rajapaksa melarikan diri ke Singapura dan mengundurkan diri.

Selain Wickremesinghe, kandidat calon presiden lainnya adalah Anura Kumara Dissanayaka, pemimpin partai sayap kiri Janatha Vimukti Peramuna.

Artikel Terkait