Tetangga Keluarga Brigadir J Berharap Kasus ini Terungkap Kebenarannya

Forumterkininews.id, Jakarta – Jasad Nofriyansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J masih bersemayam di RSUD Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Jambi sejak pagi.

Selain dari kepolisian, Kompolnas hingga Komnas HAM, banyak warga yang turut menyaksikan prosesi pembongkaran jasad Brigadir J. Sedianya, jasad almarhum akan dibawa ke RSU Sungai Bahar untuk diautopsi.

Warga dan tetangga orang tua Brigadir J sangat berharap, kasus kematian Brigadir J bisa secepatnya terungkap. Terlebih dengan upaya autopsi ulang hari ini.

“Harapannya cepat terungkap, karena kita sebagai orang awam ingin tahu kebenaran. Mendiang (Brigadir Yosua) itu jiwa sosialnya tinggi,” kata Nahum Situmorang, salah satu warga Sungai Bahar di lokasi.

Diketahui, proses pembongkaran makam Brigadir J selesai sekitar pukul 08.17 WIB pagi tadi. Setelahnya, jasad anggota polisi itu dibawa ke RSU Sungai Bahar untuk diautopsi.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo yang ikut menyaksikan jalannya autopsi Brigadir J. mengatakan, proses autopsi tidak bisa diintervensi. Kegiatan ini juga diawasi oleh Komnas HAM secara independen.

“Tidak bisa diintervensi oleh semua pihak,” kata Dedi saat memberikan keterangan pers di RSU Sungai Bahar.

“Dari Kompolnas juga hadir. Pola kerjanya juga independen,” ujarnya menambahkan.

Dedi mengatakan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir Yosua merupakan bentuk komitmen Kapolri, sesuai arahan Presiden RI agar kasus ini dibuka secara terang menderang.

Dedi menyebutkan, autopsi ulang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia yang sudah melakukan asesmen terhadap dokter-dokter yang akan ikut melaksanakan autopsi ulang.

“Dokter forensik ini dari berbagai rumah sakit dan dari berbagai universitas,” ucap Dedi.

 

Artikel Terkait