Pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri Tewas di Tangan AS

Forumterkininews.id, Washington- Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada Senin (1/8) bahwa pihaknya  telah membunuh pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri, salah satu teroris paling dicari di dunia dan tersangka dalang serangan 11 September 2001.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Biden mengatakan serangan di Kabul, Afghanistan telah dilakukan pada hari Sabtu (30/7).

“Saya memberikan persetujuan akhir untuk menjemputnya. Keadilan telah ditegakkan dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” kata Biden dikutip AS

Selanjutnya Biden mengatakan, kejadian itu akan membantu membawa keadilan  bagi keluarga korban yang tewas dalam serangan 11 September 2001.

“Saya berharap bahwa tindakan tegas ini akan membawa satu tindakan penutupan lagi,” katanya lagi.

Kemudian, pejabat senior pemerintah mengatakan Zawahiri tewas di balkon sebuah rumah di Kabul dalam serangan pesawat tak berawak.

Pejabat itu mengatakan, kehadiran Zawahiri di ibu kota Afghanistan, Kabul, merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani Taliban dengan AS. Dimana penandatanganan ini dilakukan di Doha pada 2020. Penandatanganan ini juga yang membuka jalan bagi penarikan AS dari Afghanistan.

Zawahiri, seorang ahli bedah Mesir dibesarkan di sebuah rumah tangga Kairo yang nyaman sebelum beralih ke radikalisme kekerasan. Dirinya menjadi buron selama 20 tahun sejak serangan 9/11 yang menewaskan hampir 3.000 orang di Amerika Serikat.

Dia mengambil alih Al-Qaeda setelah Osama bin Laden dibunuh pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011. Dimana kepala bin Laden dihadiahi US$25 juta.

Artikel Terkait