Zelenskyy Pikir-pikir soal Legalkan Pernikahan Sejenis di Ukraina

Forumterkininews.id, Kiev- Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy  meminta pemerintahnya untuk melihat apakah pernikahan sesama jenis harus disahkan di negaranya.

Melansir Reuters, Ukraina sejauh ini memang  telah meningkatkan dukungan untuk hak-hak LGBTQ+ sejak para pemimpin yang didukung Barat berkuasa pada tahun 2014.

Parlemen memang sudah mengesahkan undang-undang pada tahun 2015 untuk melarang diskriminasi di tempat kerja, tetapi tidak mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Zelenskiy yang mencatat bahwa pemerintah sudah melihat legalisasi hubungan sesama jenis, menanggapi petisi elektronik yang mendesak secara khusus untuk legalisasi pernikahan sejenis di Ukraina.

“Saya meminta Perdana Menteri (Denys) Shmyhal untuk mengatasi masalah yang diangkat dalam petisi elektronik dan memberi tahu saya tentang keputusan yang relevan,” katanya dalam sebuah dekrit resmi, Selasa (2/8).

Dia mencatat konstitusi Ukraina mendefinisikan pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang wanita dan mengatakan bahwa selama masa perang, tidak ada perubahan yang dapat dilakukan.

Menurut survei oleh kelompok sosiologis “Rating” yang diterbitkan pada Agustus 2021, 47% responden Ukraina memiliki pandangan negatif terhadap komunitas LGBTQ+.

Sementara itu, Rusia telah mengkriminalisasi “mempropagandakan” orientasi seksual non-tradisional kepada anak-anak sejak 2013. Undang-undang tersebut telah digunakan untuk menghentikan parade gay dan menahan aktivis hak-hak gay.

Artikel Terkait