Tembak Rudal, Kelakuan China Diprotes Menteri Pertahanan Jepang

Forumterkininews.id, Tokyo- China melepaskan beberapa rudal. Namun, Rudal balistik yang ditembakkan oleh China diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang untuk pertama kalinya.

“Lima dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan oleh China diyakini telah mendarat di ZEE Jepang,” kata Menteri Pertahanan Jepang  Nobuo Kishi, Kamis (4/8) dikutip CNA.

Kishi menambahkan, Jepang telah mengajukan protes dengan China melalui saluran diplomatik.  Menyebut masalah itu sebagai masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional  dan keselamatan warga negara Jepang.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan rudal-rudal itu terbang tinggi ke atmosfer dan bukan merupakan ancaman terhadapnya, sebagai tanggapan atas kekhawatiran publik tentang apakah mereka melewati pulau utama Taiwan.

Sebelumnya, dikatakan 11 rudal balistik Dongfeng China telah ditembakkan di perairan sekitar Taiwan. Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan adalah pada tahun 1996.

China mengadakan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan. Dimana pertunjukan kekuatan militer itu  dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi meskipun ada peringatan keras dari China.

Artikel Terkait