Dunia Minggu Ini: Tewasnya Pemimpin Al-Qaeda hingga Nancy Pelosi ke Taiwan

Forumterkininews.id, Jakarta- Pekan pertama Agustus 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

Pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri Tewas di Tangan AS

Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada Senin (1/8) bahwa pihaknya telah membunuh pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri, salah satu teroris paling dicari di dunia dan tersangka dalang serangan 11 September 2001. Dalam pidato yang disiarkan televisi, Biden mengatakan serangan di Kabul, Afghanistan telah dilakukan pada hari Sabtu (30/7).

“Saya memberikan persetujuan akhir untuk menjemputnya. Keadilan telah ditegakkan dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi,” kata Biden.

Selengkapnya :Pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri Tewas di Tangan AS

Ketua DPR AS ke Taiwan, China Ancam Tembak Rudal

Ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi terbang ke Taiwan dengan jet penumpang Angkatan Udara Selasa (2/8). Dirinya menjadi pejabat Amerika dengan pangkat tertinggi dalam 25 tahun yang mengunjungi Taiwan. Merasa geram, China kemudian mengumumkan manuver militer sebagai pembalasan.

Kemudian, melansir CNA, China menyebut kunjungan Nancy dapat meningkatkan ketegangan antara China dan Amerika Serikat. Lantaran China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, dan menganggap kunjungan pejabat pemerintah asing sebagai pengakuan kedaulatan pulau itu.

Selengkapnya : Ketua DPR AS ke Taiwan, China Ancam Tembak Rudal

Para Menlu ASEAN Siap Redam Konflik Akibat Kunjungan Nancy Pelosi

Para menteri luar negeri Asia Tenggara akan mencari cara untuk membantu memadamkan badai diplomatik Taiwan, China, dan AS. Hal ini menjadi pembicaraan regional Rabu (3/8). Ini terjadi setelah Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi tiba di Taiwan dan membuat marah China.

BACA JUGA:   Jokowi: Kesetaraan Akses Digital Harus Bisa Diwujudkan

Penerbangan larut malam dramatis Pelosi ke Taipei, tampaknya akan mendominasi pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja. Terakhir, hal ini diperkirakan bisa mengatasi krisis berdarah di Myanmar.

Selengkapnya : Para Menlu ASEAN Siap Redam Konflik Akibat Kunjungan Nancy Pelosi

Artikel Terkait