Jerman Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama pada Anak-anak

Forumterkininews.id, Berlin – Jerman melaporkan kasus pertama cacar monyet pada seorang anak. Hal ini diketahui dari dilaporan  Institut Robert Koch (RKI) yang menyoroti penyakit menular.

Melansir Xinhua, Rabu (10/8), pasien itu adalah anak perempuan  4 tahun yang tinggal di rumah dengan dua orang dewasa yang terinfeksi. Infeksi pertama cacar monyet di kalangan remaja berusia 15 dan 17 tahun di negara itu tercatat minggu lalu.

Kasus-kasus tersebut terkait dengan wabah awal tahun ini yang melanda banyak negara di seluruh dunia. Terutama di Eropa. Dimana sekitar dua setengah bulan setelah kasus pertama cacar monyet terdeteksi di Jerman, total 2.982 kasus telah dilaporkan ke RKI.

“Dalam wabah ini, bukti saat ini menunjukkan bahwa penularan terjadi terutama dalam konteks aktivitas seksual, saat ini, terutama di antara pria yang melakukan kontak seksual dengan pria lain,” kata RKI.

“Sejauh yang diketahui, sebagian besar dari mereka yang terkena dampak tidak menjadi sakit parah.”imbuh mereka.

Risiko terhadap kesehatan masyarakat umum di Jerman dianggap rendah. Namun, lembaga tersebut terus  memantau situasi dengan sangat cermat dan menyesuaikan penilaiannya dengan kondisi pengetahuan saat ini.

“Untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet dan menahan wabah, penting di awal kampanye vaksinasi untuk mendistribusikan vaksin dalam jumlah yang tersedia dengan manfaat terbaik,” kata Komite Tetap Vaksin (STIKO) negara itu baru-baru ini.

Artikel Terkait