Pemprov Riau akan Perbanyak Turunan Produk dari Kelapa Sawit

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi Riau akan mengembangkan turunan produk Kelapa Sawit. Beragam penelitian dan ujicoba akan dilakukan untuk merealisasikan rencana ini.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan saat ini di Provinsi Riau sudah ada 33 turunan produk Kelapa Sawit. Diantaranya dodol, kemudian mayonaise dan banyak lagi. Namun Syamsuar mengaku tertantang untuk membuat lebih banyak lagi.

“Saat ini di Provinsi Riau sudah ada 33 turunan dari kelapa sawit,” ujar Syamsuar saat menerima redaksi Forumterkininews beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan dirinya pernah ke negara tetangga. Disana sudah ada lebih dari 50 produk turunan dari kelapa sawit. Hal inilah yang membuat dirinya tertantang untuk memperbanyak produk turunan Kelapa Sawit.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Syamsuar meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat melakukan kajian. Selanjutnya dilakukan ujicoba atas kajian tersebut.

“Menurut saya ini merupakan potensi yang harus digali untuk memaksimalkan sumber daya yang ada,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dilansir dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian (Kementan), Provinsi Riau merupakan penghasil  kelapa sawit terbesar di Indonesia. Adapun luas lahan mencapai 2.430,51 ha dan produksi mencapai rata-rata 8.605,65 ribu ton.  Dan disusul masing-masing Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan dengan rata-rata luas lahan hingga 1,400 ha per provinsi. Saat ini komoditas Kelapa Sawit juga menjadi salah satu andalan pemerintah dalam meraup devisa.

Artikel Terkait