Virus Polio Ditemukan di Air Limbah Kota New York

Forumterkininews.id, New York – Pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) telah mengidentifikasi virus yang menyebabkan polio di air limbah Kota New York, yang menunjukkan penularan virus secara lokal.

Melansir Reuters, Senin (15/8), otoritas kesehatan mendesak warga New York yang tidak divaksinasi untuk divaksinasi.

“Departemen Kesehatan NYC dan Departemen Kesehatan Negara Bagian New York telah mengidentifikasi virus polio dalam limbah di NYC, menunjukkan penularan virus secara lokal,” kata departemen kesehatan kota itu dalam sebuah pernyataan.

“Polio dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian. Kami mendesak warga New York yang tidak divaksinasi untuk divaksinasi sekarang,”tambah mereka.

Identifikasi itu muncul beberapa minggu setelah kasus polio pada orang dewasa diumumkan pada 21 Juli di Rockland County, menandai kasus pertama yang dikonfirmasi di negara itu dalam hampir 10 tahun. 

Awal bulan ini, pejabat kesehatan mengatakan virus itu ditemukan di air limbah di pinggiran Kota New York sebulan sebelum pejabat kesehatan di sana mengumumkan kasus Rockland County.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan pada saat itu belum jelas apakah virus itu aktif menyebar di New York atau di tempat lain di Amerika Serikat.

Tidak ada obat untuk polio, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, tetapi dapat dicegah dengan vaksin yang tersedia pada tahun 1955.

Pejabat New York mengatakan mereka membuka klinik vaksin untuk membantu penduduk yang tidak divaksinasi mendapatkan suntikan mereka.

Vaksin polio yang tidak aktif (IPV) adalah satu-satunya vaksin polio yang telah diberikan di Amerika Serikat sejak tahun 2000, menurut CDC. Ini diberikan dengan suntikan di kaki atau lengan, tergantung pada usia pasien.

Artikel Terkait