Gotabaya Rajapaksa Akan Kembali ke Sri Lanka Minggu Depan

Forumterkininews.id, Bangkok – Mantan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan akan kembali ke negaranya minggu depan setelah melarikan diri pada Juli di tengah protes massal akibat krisis ekonomi.

Melansir Newfirst, mantan Dubes Sri Lanka untuk Rusia Udayanga Weeratunga mengatakan Rajapaksa akan tiba di Sri Lanka pada 24 Agustus.

Rajapaksa, presiden Sri Lanka pertama yang mengundurkan diri pada pertengahan masa jabatan, sementara berlindung di Thailand, setelah melarikan diri dari Sri Lanka dengan pesawat militer ke Maladewa dan kemudian menghabiskan berminggu-minggu di Singapura.

Baca Juga : Tiba di Thailand, Gotabaya Rajapaksa akan Menetap Sementara

Dia mengundurkan diri dari jabatannya segera setelah tiba di Singapura, menghadapi kemarahan publik atas penanganan pemerintahnya terhadap krisis ekonomi terburuk Sri Lanka sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948.

Rajapaksa tidak muncul atau berkomentar di depan umum sejak meninggalkan Sri Lanka.

Penggantinya Ranil Wickremesinghe, yang bulan lalu menyarankan agar mantan presiden menahan diri untuk tidak kembali ke Sri Lanka dalam waktu dekat, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

“Saya tidak percaya ini saatnya dia kembali,” kata Wickremesinghe kepada Wall Street Journal dalam sebuah wawancara pada 31 Juli.

“Saya tidak punya indikasi dia akan segera kembali.”imbuhnya.

Artikel Terkait