Reog Ponorogo di HUT Ke-77 RI, Momen Hidupkan Panggung Pekerja Seni

Forumterkininews.id, Jakarta – Reog Ponorogo ikut tampil memeriahkan peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8). Terkait hal ini, hari kemerdekaan merupakan momen untuk menghidupkan kembali panggung para pekerja seni sekaligus melestarikan kesenian tradisional.

“Terdapat 175 personel, 150 orang di antaranya merupakan penari dan 25 orang lainnya adalah pemusik dalam atraksi yang dipertunjukkan di hadapan ribuan peserta,” ujar Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan, Kamis (18/8).

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan seni budaya nyaris terhenti selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19 dan dampaknya sangat dirasakan para pekerja seni, terutama di daerah.

“Momen peringatan kemerdekaan ini adalah momen untuk menghidupkan kembali panggung pekerja seni. Sekaligus melestarikan kesenian tradisional,” ucap Abetnego.

Selain itu ia berharap dengan adanya penampilan ini diharapkan panggung mereka akan tumbuh dan terus berkembang.

Perlu diketahui, KSP terus mengawal pengajuan Reog Ponorogo sebagai intangible cultural heritage. Atau warisan budaya tak benda (WBTB) dunia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

KSP melalui Kedeputian II telah berkoordinasi dengan Kemenko PMK dan Kemendikbud untuk memastikan persyaratan administrasi pengajuan Reog Ponorogo ke UNESCO sudah terpenuhi.

Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko juga sempat melakukan audiensi dengan para seniman Reog Ponorogo. Hal ini dilakukan terkait upaya pelestarian kesenian khas Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini.

“Presiden Jokowi sendiri telah menyampaikan melalui Sidang Tahunan kemarin bahwa seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. Jadi kita harus memupuk kembali kebanggaan terhadap tradisi budaya Indonesia yang sangat kaya,” imbuh Abetnego.

Sementara itu, dadak merak dan para penari berbaju hitam dilengkapi senjata khas Ponorogo. Rombongan ini memulai atraksi Reog Ponorogo sebelum upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

Artikel Terkait