Anies: Pembangunan Rusunawa juga Memperhatikan Pemberdayaan Penghuninya

Forumterkininews.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan 33 tower dan 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang secara simbolis dilakukan di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8).

Dalam peresmian ini Anies mengatakan, jika pembangunan fisik Rusunawa diikuti dengan program pemberdayaan para penghuninya. Rusunawa yang diresmikan menawarkan beragam keunggulan dengan harga terjangkau.

Secara kualitas fisik bangunan dan sarana prasarana lingkungan Rusunawa, dapat disejajarkan dengan hunian vertikal oleh pihak swasta/apartemen komersil. Sehingga pembangunan Rusunawa tidak hanya meningkat secara kuantitas. Namun meningkat pula kualitas fisik bangunan, kelengkapan fasilitas penunjang, hingga manajemen penghuniannya.

Selain itu, Rusunawa yang baru dibangun juga mengedepankan pemberdayaan penghuninya. Sehingga dilengkapi dengan aksesibilitas ke transportasi umum. Juga penyediaan ruang usaha bagi UMKM, dan fasilitas penunjang lainnya. Selain itu disediakan juga pelatihan keterampilan sebagai upaya membangun kehidupan penghuni makin sejahtera.

Selain fasilitas yang lengkap, manajemen penghunian dilakukan transparan dan cepat. Karena pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Perumahan dan Permukiman (Sirukim).

Progres Aplikasi Manajemen Penghunian Rusunawa

Sirukim merupakan salah satu bentuk modernisasi manajemen pengelolaan Rusunawa yang lebih responsif terhadap kepuasan/kebutuhan penghuni. Di mana dilakukan pengelolaan terhadap keluhan penghuni melalui Sirukim.

Proses pendaftaran melalui Sirukim lebih singkat, yakni 17 hari dari yang sebelumnya 70 hari. Untuk pengaduan dan keadaan darurat, akan diproses paling lambat 60 menit. Sementara untuk pengaduan sarana prasarana akan diproses paling lambat 2×24 jam.

Setiap unit Rusunawa memiliki luas 36 m2, terdiri dari ruang keluarga, 2 unit kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan balkon yang didukung dengan material bangunan yang berkualitas baik. Penggunaan lift yang dilengkapi dengan access card guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi semua penghuni rusunawa. Selanjutnya sirkulasi dan pencahayaan yang baik di area koridor, adanya ruang komunal atau ruang bersama sebagai tempat interaksi penghuni.

BACA JUGA:   Menteri ATR/BPN Serahkan Langsung Sertifikat Tanah Suku Anak Dalam

“Dengan menempati Rusunawa yang berkualitas, sehat, dan terjangkau, akan mampu meningkatkan ikatan emosional dan rasa kepedulian sesama penghuni. Hal ini diharapkan bisa mewujudkan keluarga yang makin sejahtera, rukun, dan bahagia. Masyarakat dapat mengakses aplikasi Sirukim atau datang langsung ke Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu, Jakarta Selatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko.

Artikel Terkait