Drama Musikal Perjalanan Bangsa Indonesia Hadir di Ciputra Artpreuner

Forumterkininews.id, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menggelar Festival Musikal Indonesia (FMI) untuk pertama kalinya di Ciputra Artpreneur pada 20-21 Agustus 2022. Festival ini digelar secara gratis.

Tema yang diambil dalam Festival Musikal Indonesia adalah “Sejarah Indonesia”. Hal ini untuk mengingatkan kembali kepada para generasi muda bahwa Indonesia memiliki sejarah seni musikal yang panjang. Penonton akan disuguhkan dengan pertunjukan musikal selama 30 menit yang berlangsung selama dua hari. Sebanyak 7 (tujuh) komunitas musikal di Indonesia yang tampil di antaranya adalah Artswara, EKI Dance Company, FlodanzSoka. Kemudian Jakarta Movin, Kampus Betawi, Swargaloka, dan Teman Production.

Kepala Disparekraf DKI, Andhika Permata menyampaikan, seni pertunjukan dan musik adalah bagian dari 17 sub-sektor ekonomi kreatif yang diidentifikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini sangat potensial dikembangkan.

“Aktivasi seni pertunjukan yang intens dan terus dilakukan diharapkan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kreatif. Bukan hanya bagi pelaku seni pertunjukan, tapi juga memberikan manfaat ekonomi secara keseluruhan. Terutama pendapatan dalam sektor pariwisata. Oleh karena itu pemerintah dapat menjadikan momentum ini untuk terus membuat kebijakan yang saling bersinergi,” jelas Andhika.

Andhika menambahkan, dinamika seni pertunjukan musikal di Jakarta harus terus dihidupkan. Serta perlu menggencarkan kegiatan promosi terhadap produk-produk kesenian yang dianggap potensial untuk bersaing, mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat, terutama generasi muda untuk terus berkarya dan ke depannya menjadi bagian dari eksosistem seni pertunjukan musikal di fora internasional.

Adapun cerita-cerita sejarah Indonesia yang diangkat dalam FMI adalah Tjut Nya’ Dien, Ken Dedes, Teka Iku Flores Timur, 9 Sembilu (9 Perempuan Rembang), Blood Brothers, Sultan Agung, dan tentang Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA:   BNPT Catat 650 Konten Kelompok Intoleran Lunturkan Ideologi Pancasila

FMI diharapkan menjadi festival musikal tahunan berstandar international, yang menghasilkan karya dan mendapat tempat di hati masyarakat. Serta dapat bersaing di pentas global. Ke depannya juga diharapkan dapat menghadirkan gelaran awarding (penghargaan) untuk insan seni pertunjukan atau musikal.

Artikel Terkait