Pemprov Sulsel Sediakan Dana Rp15 Miliar Minta Percepat Bangun Tanggul Penahan Abrasi

Forumterkininews.id, Makassar – Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mengalokasikan keuangan sebesar Rp15 miliar untuk mendorong pemerintah kabupaten Takalar agar secepatnya merealisasikan pembangunan tanggul penahan abrasi, yang terjadi di beberapa titik sepanjang 400 hingga 500 meter.

“Pak Bupati, bagaimana penanganan abrasi, itu harus diselesaikan segera mungkin,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, saat diminta keterangan di Makassar, dikutip dari Antara, Senin (22/8)

Lebih lanjut ia mengatakan Pemprov Sulsel pada 2022 ini mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp15 miliar untuk percepatan penanganan abrasi di Kabupaten Takalar.

“Pentingnya percepatan penanganan ini dilakukan sebagai upaya agar tidak ada lagi rumah warga yang hanyut terbawa ombak akibat abrasi,” ucap Andi.

Penanganan darurat dibutuhkan dengan bantuan keuangan dari provinsi dan bisa dikerjakan oleh Pemkab Takalar, melihat kondisi lokasi saat ini memprihatinkan agar tidak lagi terjadi abrasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Takalar Muhsin menjelaskan, saat ini tengah menunggu tahap perencanaan, setelah itu selesai maka kemudian didorong masuk ke LPSE, sambil menunggu hasil rekomendasi teknis (rekomtek) yang sudah diajukan ke balai.

“Kita tinggal tunggu perencanaannya ini, begitu selesai tahapannya, juga kita melakukan ekspose mengundang semuanya, termasuk bupati, kejaksaan dan kepolisian,” ujar Muhsin.

Pihak konsultan akan menyelesaikan perencanaan pekan ini. Setelah diajukan ke LPSE dan ULP setelah itu berkontrak.

“Setelah itu berkontrak, estimasinya itu diprediksi pada bulan September sudah berkontrak,” katanya.

Kemudian ia menegaskan nantinya pembangunan tanggul penahan abrasi akan dibangun di wilayah Desa Bontokanang, Desa Mappakalolpo, dan Desa Pa’la’lakkang.

Artikel Terkait