Dampak Pandemi, Xiaomi Pecat 900 Karyawan

Forumterkininews.id, Beijing – Produsen smartphone China yakni Xiaomi dilaporkan telah memberhentikan lebih dari 900 karyawan.

Menurut sebuah laporan oleh South China Morning Post, Xiaomi telah memecat hampir 3 persen tenaga kerjanya di tengah perlambatan ekonomi. Xiaomi, bagaimanapun, belum mengkonfirmasi hal yang sama.

Perusahaan membukukan penurunan tajam dalam pendapatan kuartal kedua karena pasar smartphone terbesar di dunia menyusut, terkena pembatasan ketat COVID-19. Penjualan Xiaomi turun 20% tahun-ke-tahun menjadi 70,17 miliar yuan (USD10,31 miliar), meleset dari perkiraan dan menandai penurunan yang lebih tajam dari kuartal sebelumnya ketika perusahaan membukukan penurunan pendapatan pertama sejak listing. Laba bersih pembuat smartphone turun 67% menjadi 2,08 miliar yuan, meleset dari perkiraan analis.

“Di pasar China, ada kebangkitan pandemi, sehingga permintaan sulit dan lemah,” kata presiden Xiaomi, Wang Xiang soal pendapatan.

Kenaikan harga bahan bakar, biaya input, dan inflasi mempengaruhi penjualan luar negeri juga, tambah Wang. Laba bersih turun sebagai akibat dari tekanan untuk mengosongkan persediaan melalui penjualan dan promosi.

Sektor smartphone China yang telah lama stagnan telah sangat terpukul oleh penurunan, dengan pengiriman unit turun 10% YoY pada kuartal kedua, menurut perusahaan riset Canalys.

Di India, pasar terkuat Xiaomi di luar China, perusahaan telah menjadi sasaran penyelidikan pemerintah karena diduga menghindari regulator pajak.

Otoritas pajak India pada bulan April menyita aset senilai $725 juta dari perusahaan tersebut, mengklaim bahwa perusahaan tersebut secara ilegal mentransfer dana ke luar negeri dengan kedok pembayaran royalti. Xiaomi telah membantah melakukan kesalahan.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...