Dunia Minggu Ini : Kontroversi LGBT di Singapura hingga Biaya Fantastis Pemakaman Shinzo Abe

Forumterkininews.id, Jakarta- Pekan terakhir Agustus 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

PM Singapura Sebut Akan Legalkan Hubungan Sejenis

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong mengejutkan banyak orang. Ia mengumumkan dalam pidatonya pada Minggu (21/8) bahwa pemerintah akan mencabut Bagian 377A dari KUHP, sebuah undang-undang era kolonial yang membuat hubungan seks antara laki-laki dapat dihukum hingga dua tahun penjara.

Pencabutan bagian dari KUHP Singapura itu sekaligus menandakan bahwa Lee akan melegalkan hubungan sesama jenis di negaranya.

Hemat Listrik, Bangladesh Tutup Sekolah dan Batasi Jam Kantor

Untuk menghemat listrik. Pemerintah Bangladesh akan menutup sekolah untuk satu hari ekstra dalam seminggu dan memotong waktu kantor satu jam.

Melansir Reuters, kebijakan tersebut dilakukan ketika negara itu berjuang melawan kekurangan setelah menutup semua pembangkit listrik tenaga dieselnya. Negara Asia Selatan itu bulan lalu menutup 10 pembangkit listrik tenaga dieselnya setelah invasi Rusia ke Ukraina menaikkan biaya bahan bakar impor.

Bangladesh memulai pemadaman listrik dua jam setiap hari bulan lalu, tetapi banyak bagian negara itu mati listrik lebih lama lagi.

Tak Terima Rumahnya Digrebek, Trump Gugat FBI ke Pengadilan

Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meminta pengadilan federal untuk sementara waktu memblokir FBI yang menyita dari rumahnya.

Mosi Trump, yang diajukan di pengadilan federal di West Palm Beach, Florida, juga menuntut agar Departemen Kehakiman AS memberinya tanda terima properti yang lebih rinci yang menguraikan barang-barang yang disita FBI dari rumahnya di Mar-a-Lago selama pencarian 8 Agustus.

Trump juga meminta penyidik ​​untuk mengembalikan barang apapun di luar ruang lingkup surat perintah penggeledahan.

BACA JUGA:   Kontennya Dibatasi, Rusia: Barat Langgar Hak Akses Informasi

Jepang Gelontorkan Rp27 Miliar untuk Pemakaman Shinzo Abe

Jepang menghabiskan $1,83 juta atau setara Rp27 Miliar untuk pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Diketahui, pemerintah Jepang sendiri telah memutuskan untuk mengadakan pemakaman kenegaraan bagi Abe di arena Nippon Budokan Tokyo. Acara ini akan dilangsungkan 27 September mendatang.

Baca Juga : Jepang Gelontorkan Rp27 Miliar untuk Pemakaman Shinzo Abe

Artikel Terkait