Dalam Sehari, Ratusan Warga Pakistan Tewas Akibat Banjir

Forumterkininews.id, Islamabad – Lebih dari 100 orang tewas dalam satu hari akibat banjir bandang di Pakistan, menjadikan jumlah korban tewas resmi akibat banjir musim hujan ini telah mencapai 1.033 orang.

Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan sebanyak 119 orang tewas dalam 24 jam terakhir.

Hujan deras telah menghanyutkan desa dan tanaman di seluruh Pakistan, dengan puluhan ribu orang perlu dievakuasi ke kamp-kamp bantuan.

Ketika jumlah kematian terus meningkat, Pakistan menyerukan kepada dunia untuk melihat apa yang sedang dialaminya sebagai ‘krisis global’ dan ‘bencana iklim yang serius’.

“Kami saat ini berada di titik nol garis depan peristiwa cuaca ekstrem, dalam gelombang gelombang panas yang tak henti-hentinya, kebakaran hutan, banjir bandang, beberapa ledakan danau glasial, peristiwa banjir. , dan sekarang monsun monster dekade ini mendatangkan malapetaka tanpa henti di seluruh negeri,”kata Pejabat tinggi iklim negara itu, Sherry Rehman dikutip Metro.co.uk, Senin (29/8).

Ia menambahkan, bahwa bencana saat ini adalah sesuatu yang merupakan krisis global dan tentu saja akan membutuhkan perencanaan yang lebih baik dan pembangunan berkelanjutan di lapangan.

“Kita harus memiliki tanaman serta struktur yang tahan iklim.”imbuhnya.

Hampir 300.000 rumah di Pakistan telah hancur akibat banjir. Selain itu ada banyak jalan tidak dapat dilalui dan pemadaman listrik telah meluas.

Kebanyakan orang telah berlindung di kamp-kamp bantuan yang didirikan di gedung-gedung pemerintah tetapi yang lain terpaksa tinggal di pinggir jalan.

Sementara itu, tentara Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menerbangkan 22 turis yang terjebak di sebuah lembah di utara negara itu ke tempat yang aman.

Artikel Terkait