Anies Ajak Walikota dari 20 Negara Keliling Jakarta dan Nikmati Kapal Phinisi

Forumterkininews.id, Jakarta – Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors Summit. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat dalam dua hari yakni, tanggal 30-31 Agustus 2022.

Untuk mendukung gelaran U20 Mayors Summit ini, diselenggarakan Jakarta City Tour pada 29 Agustus 2022. Peserta akan berangkat dari Hotel Fairmont menuju Stasiun MRT Senayan. Selanjutnya Halte CSW, Terowongan Kendal. Kemudian menikmati matahari tenggelam di atas kapal Phinisi, yang merupakan salah satu cultural heritage dari Indonesia.

U20 Mayors Summit menjadi puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan para pemimpin kota U20 berkumpul. Kemudian memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali 15-16 November 2022.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara anggota G20 komit untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia. Termasuk pemulihan krisis akibat pandemi COVID-19, darurat iklim, dan peningkatan ketimpangan struktural.

Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi COVID-19. Sehingga tema yang diangkat adalah “Kota Pascapandemi”.

Jakarta sebagai tuan rumah U20 Mayors Summit dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang memimpin siklus U20 kelima tahun 2022. Pihaknya mengundang Kepala Daerah dan Gubernur anggota G20 bekerja sama dalam tiga bidang utama. Ketiganya yaitu  Investasi Kesehatan dan Perumahan Rakyat. Kedua yakni Mendorong Transisi Energi Berkelanjutan dan Akses yang Adil untuk Mobilitas Berkelanjutan. Terakhir memberikan Edukasi dan Pelatihan tentang Masa Depan Pekerjaan demi Akses Pasar Kerja yang Merata.

Gubernur Anies menyatakan pentingnya event seperti ini untuk saling tukar pikiran, ide, dan gagasan. Terutama untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

BACA JUGA:   Begini Pesan Pj Gubernur DKI Saat Resmikan Rumah Digital

“Dengan semakin meng-kota-nya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi warga kota,” ulas Gubernur.

 

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Polda Sumut Sukses Amankan Closing Ceremony PON XXI 2024

FT News - Polda Sumut sukses amankan Closing Ceremony...