Anggota Polda Lampung Harus Punya Imunitas dari Paham Radikal

Forumterkininews.id, Bandar Lampung Penyebaran paham radikal terorisme tak melulu menyasar kepada  masyarakat biasa. pegawai lembaga negara, kementerian, bahkan aparat keamanan seperti kepolisian pun juga tak luput dari pengaruh paham radikalisme.

Untuk itu aparat kepolisian juga harus memahami pola penyebaran bahaya paham radikal ini dan mengetahui upaya pencegahannya. Hal tersebut dikatakan Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, saat melakukan sosialisasi Pencegahan Paham Radikal Terorisme kepada 200 personil Polri di jajaran Polda Lampung, Selasa (30/8).

“Virus radikalisme ini bukan monopoli satu agama, tapi berpotensi pada semua agama, berpotensi pada setiap individu manusia tidak melihat suku, agama, ras, tidak melihat profesi, bahkan tidak melihat kadar intelektualitas seseorang. Bisa Profesor bisa Jenderal, anggota Polri juga bisa kena. Kalau kena virus ini bisa bahaya sekali,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survey, menurut Ahmad Nurwakhid, jajaran aparat pemerintah seperti ASN, TNI dan Polri juga sangat rentan terpapar paham radikal. Kalau dibiarkan dapat membahayakan institusi Polri.

Oleh karena itu dirinya merasa perlu membentengi anggota Polda Lampung dengan memberikan vaksin ideologi baik itu wawasan kebangsaan moderasi beragama dan seabagainya untuk memperkuat imunitas agar tidak mudah terpengaruh paham radikal terorisme tersebut.

Lebih lanjut dikatakan mantan Kapolres Gianyar ini, sebagai aparat yang berhubungan langsung dengan masyarakat, anggota Polri memiliki peran besar dalam melindungi masyarakat dari penyebaran paham radikal terorisme.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Lampung, Kombes Pol Sustri  Bagus Setiawan, mengatakan bahwa pembekalan bagi jajaran Polda Lampung ini  sangat perlu. Karena tanpa disadari, polisi ini dalam kehidupan sosial juga bergaul dengan masyarakat.  Dimana di dalam masyarakat itu tentunya ada virus-virus seperti radikal terorisme.

BACA JUGA:   Geger! Mayat Ibu dan Anak Ditemukan Tinggal Tengkorak di Depok

Dengan adanya pembekalan tersebut akan melindungi diri dari paham radikal terorisme bagi lingkungan sekitar dan keluarganya.

Artikel Terkait