Deal! Sri Lanka Sepakati Pinjaman Rp43 Triliun dari IMF

Forumterkininews.id, Kolombo – Krisis sedang melanda Sri lanka. Oleh karena itu, mereka telah mencapai kesepakatan awal dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk pinjaman sekitar 2,9 miliar dolar (Rp43 Triliun).

“Tujuan dari program baru yang didukung Dana Sri Lanka adalah untuk memulihkan stabilitas makro ekonomi dan keberlanjutan utang,” kata IMF dalam keterangannya, Kamis (1/9) dikutip Reuters.

IMF menambahkan, pembebasan utang dari kreditur Sri Lanka dan pembiayaan tambahan dari mitra multilateral akan diperlukan untuk membantu memastikan keberlanjutan utang dan menutup kesenjangan pembiayaan.

Baca Juga : Sri Lanka akan Bahas Bailout dengan IMF Bulan Ini

Negara yang dibebani utang itu telah mencari dana hingga $3 miliar dari IMF dalam upaya untuk keluar dari krisis ekonomi terburuknya sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1948.

Sri Lanka telah menghadapi kekurangan bahan bakar dan barang-barang pokok lainnya selama berbulan-bulan, meninggalkannya dalam kekacauan politik dan dilanda inflasi yang tak terkendali, yang sekarang mencapai hampir 65% tahun-ke-tahun.

Artikel Terkait