Jepang Siapkan Dana Milyaran untuk Pemakaman Kenegaraan Abe

Forumterkininews.id, Tokyo – Jepang akan menghabiskan sekitar 1,65 miliar yen (Rp174 Milyar) untuk pemakaman kenegaraan  mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Pemerintah pada akhir Agustus menyetujui anggaran yang lebih sederhana sebesar 250 juta yen untuk pemakaman.

Kemudian menghadapi kritik atas apa yang dianggap sebagai angka yang tidak realistis yang mengecualikan pengeluaran besar dan kuat untuk keamanan dan hosting VIP.

Pemerintah sekarang memperkirakan biaya keamanan untuk pemakaman akan mencapai sekitar 800 juta yen, sementara menjamu delegasi asing akan menelan biaya sekitar 600 juta yen.

Baca Juga : Jepang akan Gelar Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe

“Jika kami memberikan perkiraan yang disederhanakan, saya kira totalnya akan mendekati apa yang Anda katakan,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno dikutip Reuters.

Sekitar 6.000 tamu diperkirakan akan menghadiri upacara tersebut, yang akan diadakan pada 27 September di aula Nippon Budokan Tokyo.

Tamu-tamu itu termasuk lebih dari 190 delegasi asing, di mana sekitar 50 diperkirakan termasuk VIP tingkat kepala negara menurut Matsuno.

Jajak pendapat surat kabar Yomiuri yang dilakukan awal bulan ini menunjukkan 56% responden menentang pemakaman kenegaraan, dibandingkan dengan 38% mendukung.

Artikel Terkait