Usai Dijemput Paksa KPK, Bupati Mimika Diamankan di Mapolda Papua

Forumterkininews.id, Jakarta – Bupati Mimika  Eltinus Omaleng diamankan ke Mapolda Papua usai dijemput paksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (7/9).

Penahanan ini dilakukan akibat dirinya terlibat kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja King Mile di Jayapura, Papua.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron, saat diminta keterangan, Rabu (7/9) “Yang bersangkutan (Eltinus Omaleng) telah diamankan di Mapolda Papua,”

Lebih lanjut ia mengatakan penahanan ini dilakukan usai tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemanggilan paksa dan penangkapan terhadap Eltinus Omaleng di  di salah hotel di Jayapura, Papua, pada Rabu (7/9).

Sementara itu, nantinya Eltinus Omaleng akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dijemput paksa oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi pembangunan Gereja King Mile 32, di salah hotel di Jayapura, Papua, pada Rabu (7/9).

Juru bicara KPK, Ali Fikri, saat diminta keterangan pada Rabu (7/9) membenarkan adanya penjemputan paksa terhadap Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

“Benar (dijemput paksa),” kata Ali.

Sementara itu saat ini proses penjemputan masih berlangsung. Namun ia tidak menjelaskan secara detail terkait penjemputan ini.

Dalam hal yang sama, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, Eltinus dtangkap saat berada di salah hotel di Jayapura, Papua.     

“Benar ada penangkapan Bupati Mimika tersangka kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK. Namun belum ada laporan lengkapnya,” ujar Ahmad.

Eltinus diseret ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan dugaan korupsi pembangunan Gereja King Mile 32. Dimana proyek inimenghabiskan anggaran lebih dari Rp250 miliar. Dana ini bersumber dari APBD Mimika tahun anggaran 2015, 2016, 2019, 2021 dan akan berlanjut tahun anggaran 2022.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...