Ketua KPK Pamer Kinerja di Hadapan Komisi III DPR RI

Forumterkininews.id, Jakarta – Jajaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi komisi III DPR RI, Rabu (7/9). Kedatangan para pemberantas korupsi ini untuk menjalani rapat kerja dengan anggota perwakilan rakyat.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan lembaga yang dipimpinnya itu sudah melakukan penahanan terhadap 84 orang terkait dugaan tipikor selama periode Januari hingga Agustus 2022.

Selain itu, menurutnya, KPK sudah melakukan ratusan penindakan. Di mana beberapa sudah masuk tahap penyelidikan, penyidikan, penuntutan, hingga eksekusi.

“Penindakan telah melakukan penyelidikan sebanyak 88 perkara terhitung mulai dari Januari-Agustus 2022. Rinciannya yakni penyidikan 79, penuntutan 80, inkrah 75, eksekusi 67. Tersangka khusus 2022 dari Januari-Agustus sudah kita lakukan penahanan sebanyak 84 orang,” ucap Firli.

Ia melanjutkan, KPK juga sudah melakukan pengembalian aset dari 67 perkara dengan total nilai Rp351,86 miliar.

“Dari aset recovery 67 perkara sudah kita lakukan eksekusi, dan dari 120 perkara dengan mendapatkan nilai aset Rp 351,86 miliar dari Januari-Agustus 2022,” ujarnya.

Kemudian, menurutnya, KPK juga melakukan berbagai langkah pencegahan tindak pidana korupsi. Firli bilang, persentase pelaksanaan program pencegahan korupsi yang dilakukan lembaga pimpinannya sudah mencapai 63,86 persen.

“Sebagaimana tadi kami laporkan KPK juga bertindak sebagai sekretariat strategi nasional pencegahan korupsi, dari tiga fokus area dan 12 aksi pencegahan korupsi tahun 2021-2022 sudah mencapai angka 63,86 persen,” kata pensiunan polisi dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga itu.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...