Ukraina Minta Warga Dekat Pembangkit Nuklir Mengungsi

Forumterkininews.id, Kiev – Ukraina mendesak penduduk yang tinggal di daerah dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia untuk segera mengungsi.

“Saya mengimbau penduduk distrik yang berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia mengungsi! Temukan cara untuk sampai ke wilayah yang dikuasai [Ukraina],” kata Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk di layanan pesan Telegram, Rabu (7/8) dikutip VoA.

Dalam unggahan terpisah di Telegram, walikota Enerhodar di Ukraina yang diasingkan mengatakan pembangkit itu mendapat serangan dari pasukan Rusia. Akibatnya kota tersebut tidak memiliki pasokan listrik.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya tidak kehilangan apapun dari operasi militernya di Ukraina. Bahkan pihaknya telah memperkuat kedaulatannya.

Berbicara di sebuah forum ekonomi, Putin mengatakan semua tindakan Rusia “ditujukan untuk membantu rakyat Donbas.”

“Ini pada akhirnya akan mengarah pada penguatan negara kita dari dalam dan dalam kebijakan luar negerinya,” kata Putin.

Baik Moskow dan Kiev selama berminggu-minggu saling menuduh menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa itu. Dimana hal tersebut berrisiko menimbulkan bencana nuklir yang pernah terjadi di pembangkit listrik Chernobyl Ukraina 1986.

Artikel Terkait