Tertibkan Fasilitas Umum, Satpol PP Bongkar Bangunan Liar di Trotoar Bekasi

Forumterkininews.id, Bekasi – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi membongkar bangunan liar yang berdiri di atas trotoar area taman ramah lingkungan Desa Gandasari, Kecamatan Cikarang Barat, Minggu (11/9).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Trantib Satpol PP Kabupaten Bekasi Ganda Sasmita mengatakan, penertiban bangunan dan lapak liar bermula dari aduan daring masyarakat. Dimana masyarakat tersebut melapor ke laman resmi Satpol PP Kabupaten Bekasi.

“Penertiban ini menjawab aduan masyarakat terkait gangguan ketentraman dan ketertiban umum. Setiap aduan yang masuk kita lakukan evaluasi dan penindakan. Ini merupakan langkah responsif demi menciptakan Kabupaten Bekasi yang bebas dari gangguan Trantibum,” ucap Ganda Sasmita, di Cikarang, dikutip dari Antara, Minggu (11/9).

Selain itu penertiban bangunan lapak liar ini juga dilakukan dalam rangka menegakkan Permendagri dan peraturan daerah.

“Kita laksanakan kegiatan penertiban bangunan liar dan lapak pedagang di trotoar Jalan Kalimalang yang mengganggu estetika Taman Ramah Lingkungan,” kata Ganda Sasmita.

Kegiatan penertiban bangunan liar ini melibatkan 30 personel Satpol PP Kabupaten Bekasi. Dibantu 10 anggota TNI dan kepolisian, lima petugas Kecamatan Cikarang Barat, serta tujuh petugas PLN UP3 Cikarang.

Selain itu, dalam penertiban ini pihaknya menerjunkan Satuan Tugas Sigap Cepat dan Tanggap (Satgas Sat Set).

“Satgas Sat Set dibekali standar operasional bertugas. Yakni mengedepankan langkah responsif dan persuasif dalam menindaklanjuti aduan yang masuk,” kata Ganda Sasmita.

Terkait hal ini pihaknya berharap ketentraman dan ketertiban umum di Kabupaten Bekasi terwujud. Sehingga rasa aman, damai, dan tentram dalam kehidupan masyarakat bisa terjamin.

Selain itu ia juga berharap dengan penertiban bangunan liar ini, Taman Ramah Lingkungan Desa Gandasari ini kembali dimanfaatkan masyarakat. Tentunya sesuai dengan fungsinya.

BACA JUGA:   Awasi Aturan Netralitas ASN di Pemilu 2024

“Setelah kami bongkar seluruh bangunan-bangunan dan lapak-lapak liar di area ini, akan kami pasang spanduk. Dimana spanduk tersebut berisi imbauan agar area ini steril. Dengan demikian masyarakat bisa menikmati taman sesuai peruntukan,” ucapnya.

Artikel Terkait