Pengelola Naikkan IPL, Penghuni Apartemen Pantai Mutiara Ngamuk

Forumterkininews.id, Jakarta – Kebijakan pengelolan Apartemen Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara menaikkan tarif iuran pengelolaan lingkungan (IPL) diprotes para penghuni. Akibat protes ini sempat terjadi kericuhan antara penghuni dan pengelola apartemen.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan peristiwa yang terjadi pada Senin (12/9) itu bermula dari cekcok antara kedua pihak. Perdebatan antara penghuni dan pengelola bahkan disebut telah terjadi sejak tahun lalu.

“Permasalahan antara pengurus dengan warga penghuni sudah terjadi sejak 2021, yaitu sejak warga mempertanyakan keabsahan pengurus menunjuk PT SMR sebagai pengelola Apartemen Pantai Mutiara,” kata Zulpan dalam keterangannya, Selasa (13/9).

Permasalahan kemudian semakin memanas, terutama disebabkan oleh keputusan pengelola menaikkan iuran pengelolaan lingkungan (IPL). Penghuni kemudian menolak membayar IPL sebagai bentuk protes atas aturan tersebut.

Namun, protes penghuni justru dibalas dengan diputusnya aliran air dan listrik terhadap penghuni yang tidak membayar IPL.

“Kemudian, pihak pengelola mematikan air dan listrik kepada penghuni yang tidak membayar IPL setelah dilayangkan surat peringatan 1, 2, dan 3,” jelas Zulpan.

Penghuni kemudian diduga menyegel kantor pengelola pada Minggu (11/9) karena kesal dengan kebijakan pengelola. Aksi tersebut direspons pengelola dengan mengerahkan pihak ketiga untuk membuka kantor pengelola.

Pihak tersebut diketahui berupaya membuka kantor pengelola dengan menghancurkan pintu. Kejadian tersebut memicu keributan dengan para penghuni apartemen.

Namun, Kapolsek Penjaringan Kompol Ratna Quratul Aini mengatakan tidak ada penyerangan di lokasi apartemen selama peristiwa itu terjadi.

“Bukan penyerangan, tetapi pengelola membuka kantor pengelola yang disegel oleh warga karena ada ketidakpuasan warga dengan pengurus dan pengelola APM,” jelas Ratna.

Ratna menjelaskan kedua pihak yang terlibat keributan telah menjalani mediasi pada Senin (12/9) malam. Situasi di apartemen juga diklaim telah kondusif.

BACA JUGA:   Temui Pendemo, Pimpinan DPD RI Bilang Akan Bersurat ke Jokowi

“Sudah dimediasi tadi malam, sudah sepakat kedua belah pihak. Saat ini sudah kondusif,” ujar Ratna.

 

Artikel Terkait