Tol Cibitung-Cilincing Diresmikan Jokowi, Gratis Satu Hari

Forumterkininews.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan Jalan Tol Serpong-Balaraja seksi 1. Kawasan ini menjadi awal pembangunan JORR 3. Setelah diresmikan, jalan tol ini menggratiskan para pengguna mobil untuk melintasinya.

Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir.

“Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang kita resmikan ini adalah bagian dari Jakarta Outer Ring Road yang kedua. Kita harapkan Jakarta Outer Ring Road 2 ini akan rampung selesai 100 persen di akhir tahun 2023,” kata Presiden Jokowi di pintu gerbang Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Tangkapan layar instagram @ctp.tollways

Menurutnya, Tol Cibitung- Cilincing sepanjang 27,2 kilometer (km) tersebut dapat mempercepat mobilitas barang. Utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi.

“Sehingga sangat cepat dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing ini diantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah Utara,” ungkap Presiden Jokowi.

Mempermudah Mobilitas Barang Ekspor/Impor

Dengan peningkatan kecepatan mobilitas barang, lanjutnya, tentu dapat memperkuat daya saing produk-produk ekspor Indonesia.

“Kembali ke Tol Cibitung-Cilincing, pemilik kawasan ini sebelumnya Waskita (Karya). Kemudian diambil alih Pelindo, kita harapkan ini memberikan pelayanan terhadap truk kontainer yang akan diekspor. Juga untuk barang-barang impor menuju ke kawasan industri ke kawasan logistik tadi,” jelas Presiden.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) menghubungkan Tol Jakarta-Cikampek di Cibitung dengan JORR 1 di Cilincing. Pembangunan JTCC dimulai sejak 2017 dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional. Tujuannya untuk memperlancar akses dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri di timur Jakarta dan sebaliknya.

BACA JUGA:   Kubuku, Kubumu, Kubu Kita ala Ketum GEMPITA Alfonso FP

Jalan tol JTCC sepanjang 34,7 km terdiri dari 4 seksi. Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih (3,03 km), Seksi 2 Telaga Asih-Gabus (10,1 km), Seksi 3 Gabus-Tarumajaya (14,35 km) dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing (7,66 km)

Seksi 1 beroperasi 31 Juli 2021. Kemudian, seksi 2 dan seksi 3 dioperasikan pasca-peresmian ini. Sedangkan seksi 4 masih dalam tahap penyelesaian. Ditargetkan selesai Desember 2022.

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Pilot Susi Air Philip Mahrtens Sudah Bebas, Ini Proses Pembebasannya!

FT News - Pilot Susi Air, Philip Mark Mahrtens, akhirnya...