Arsul Sani Kenang Pertemuan Terakhir dengan Azyumardi

Forumterkininews.id, Jakarta – Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menghadiri proses pemakaman Ketua Dewan Pers, Profesor Dr Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9).

Ia mengatakan dirinya sangat intensif berkomunikasi dalam setahun terakhir dengan almarhum Azyumardi Azra.

“Saya dengan almarhum justru sangat intensif dalam komunikasi,” ujar Arsul, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (20/9).

“Pertama, ketika saya melaunching buku saya yang berjudul ‘Relasi Islam dan Negara’,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan peran beliau dalam pembuatan bukunya yaitu menulis prolognya, sementara yang menulis epilognya yaitu Prof. Mahfud MD.

Selain itu ia mengatakah pertemuan terakhirnya dengan Azyumardi terjadi sekitar dua minggu lalu untuk membahas RKUHP.

“Almarhum sebagai ketua Dewan Pers beserta anggota Dewan Pers bertemu dengan kami di Komisi III untuk menyampaikan masukan terkait dengan RKUHP yang dinilai bisa mengancam kerja-kerja jurnalistik dari para jurnalis,” kata Arsul.

Terkait hal ini, almarhum menyampaikan masukan yang netral meski banyak masyarakat yang meminta RKUHP dihapuskan.

“Beliau bersama-sama dengan Dewan Pers memberikan jalan tengah dengan melakukan reformulasi, menawarkan formulasi alternatif,” ucap Arsul.

Ia juga menyampaikan Dewan Pers dibawah kepemimpinan Azyumardi dapat berada di tengah antara pemerintah bersama DPR dan masyarakat.

Dengan masukan dari almarhum, Komisi III dalam menyusun rumusan RKUHP yang dinilai akan mempenguhi kerja-kerja jurnalistik dengan baik.

Artikel Terkait