Penyebaran DBD Terus Berlanjut di Pakistan

Forumterkininews.id, Islamabad - Jumlah kasus demam berdarah terus meningkat di Pakistan dimana sebagian besar disebabkan oleh banjir yang dipicu hujan lebat di negara Asia Selatan itu.

Melansir Xinhua, Kamis (29/9), dalam 24 jam terakhir 387 infeksi baru dilaporkan di provinsi Sindh selatan. Daerah yang paling parah adalah Karachi, ibu kota provinsi, yang melaporkan 253 kasus baru.

Dengan kasus demam berdarah yang baru dilaporkan, angka pada September hingga saat ini untuk provinsi tersebut telah meningkat menjadi 6.603, sehingga jumlah total lokal menjadi 9.127 bersama dengan 35 kematian tahun ini.

Provinsi Punjab timur melaporkan 326 kasus baru dalam 24 jam terakhir, kata otoritas kesehatan provinsi pada Rabu.

Ibukota Punjab, Lahore, melaporkan 163 kasus baru, diikuti oleh kota Rawalpindi dengan 88 kasus. Total kasus DBD di Punjab tahun ini mencapai 5.737 kasus.

Sementara di  Islamabad, ibu kote negara itu, melaporkan 73 kasus demam berdarah baru dalam 24 jam terakhir. Total penghitungan telah meningkat menjadi 2.235 tahun ini.

Sejauh ini, pemerintah Pakistan telah meluncurkan kampanye anti-dengue termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menanggapi jumlah kasus yang mengkhawatirkan di negara itu.

Mereka juga  telah mengambil langkah-langkah khusus di titik-titik demam berdarah untuk mengekang penyebaran penyakit yang dibawa nyamuk.

Diketahui, nyamuk DBD berkembang biak di air yang tergenang seperti wadah berisi air.

Dalam kasus yang parah, demam berdarah dapat menyebabkan nyeri sendi, mual, muntah, ruam, masalah pernapasan, pendarahan, dan kegagalan organ.

Artikel Terkait