Demo BEM SI di Patung Kuda Bawa 5 Tuntutan

Forumterkininews.id, Jakarta – Aliansi mahasiswa BEM SI Kerakyatan melakukan aksi di bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (30/9). Ada lima tuntutannya.

Diaksi kali ini para mahasiswa menuntut sejumlah persoalan yang menjadi masalah atau tak bisa diselesaikan selama tiga tahun masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Berikut 5 poin tuntutananya:

1. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mengoreksi model pembangunan PSN yang tidak berpihak kepada rakyat.

2. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk menghentikan kriminalisasi terhadap petani, pelayan, masyarakat adat dan aktivis agraria.

3. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk melaksanakan reforma agraria dan menyelesaikan konflik agraria struktural.

4. Menuntut dan mendesak DPR dan pemerintah untuk mencabut UU yang mempermudah perampasan tanah dan kriminalisasi rakyat.

5. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mencabut keputusan terkait kenaikan harga BBM.

Aksi dimulai pada pukul 15.02 WIB. Mereka berorasi di tengah jalan dan menolak berorasi di lokasi yang telah disiapkan polisi.

“Hari ini kita tidak ingin aksi di depan istana. Hari ini kita tidak ingin disambut oleh kawat berduri. Kita setiap kali aksi di Jakarta selaku disambut dengan kawat berduri,” ujar Ketua BEM UI Bayu Satria dalam orasinya.

“Sekali lagi bapak bapak kepolisian, kami tidak ingin bernegosiasi di sebelah sana. Karena selain di sana ada kawat berduri, ada tembok beton yang dipasang di sana. Tembok beton yang dipasang untuk pembatas antara rezim dan rakyatnya,” jelas Bayu.

Pada aksi tersebut mahasiswa sedikit bersitegang dengan aparat dorong mendorong pun tidak terhindarkan.

Dari keterangan yang didapat, aliansi mahasiswa yang menggelar demo kali ini adalah gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, BEM Kema Unpad, BEM KM UGM, BEM SI wilayah BSJB, ITL Trisakti, beserta elemen masyarakat sipil lain.

Artikel Terkait