5 Tips untuk Mengurangi Sakit Mata Akibat Penggunaan Gadget

Forumterkininews.id, Jakarta – Gadget menjadi salah satu barang yang sering digunakan. Berikut ini ada beberapa tips mengurang sakit mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan.

Tujuh jam dalam sehari merupakan waktu yang biasanya dihabiskan oleh rata-rata orang untuk melihat dan menggunakan benda elektronik seperti ponsel, laptop, komputer dan lainnya. Kegiatan ini tentu saja menyebabkan dampak terhadap mata.

Lebih dari 90% pengguna Gadget mengalami ketegangan mata yang dikenal sebagai sindrom komputer atau CVS. Ini adalah kenyataan bagi banyak orang di dunia, pasalnya segala sesuatu yang dilakukan saat ini di gerakkan dengan teknologi.

Computer Vision Syndrome (CVS) adalah kumpulan gejala yang ditimbulkan pada mata dan penglihatan yang terkait dengan penggunaan komputer termasuk desktop, laptop, tablet, smartphone dan alat elektronik lainnya secara berlebih atau dalam waktu panjang.

Akibat dari sindrom tersebut adalah:

  • Penglihatan menurun atau menjadi kabur
  • Mata terbakar atau menyengat
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Menyebabkan sakit kepala
  • Sakit punggung dan leher

Dilansir dari health.clevelandclinic dokter mata dan spesialis retina Rishi P. Singh, MD, merekomendasikan tips berikut untuk menjaga kesehatan mata Anda:

Sesuaikan Sudut Pandang

Atur posisi duduk yang tegak  sehingga mata tidak terlalu dekat atau terlalu sering memfokuskan pandangan ke layar sehingga tidak cepat lelah.

Atur kecerahan layar monitor 

Huruf di layar tidak sejelas huruf di halaman yang di cetak. Cahaya yang terlalu yang terlalu cerah atau terlalu gelap dapat membuat mata bekerja lebih keras.

Gunakan metode 20-20-20

Untuk mencegah kelelahan mata, penggunaan metode 20-20-20 sangat dianjurkan yaitu istirahatkan mata setiap 20 menit sekali, melihat objek yang berjarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Ini akan membuat mata menjadi fokus kembali.

BACA JUGA:   Meta Dituduh Gunakan Data Personal untuk Latih AI

Sering Berkedip

Orang biasanya berkedip sekitar 18 kali per menit selama aktivitas normal sehari-hari. Tetapi pengguna komputer cenderung berkedip sekitar 25% lebih banyak, hal ini agar mata terhindar dari iritasi dan kering.

Rutin periksa mata (minimal dua tahun sekali)

Untuk mendeteksi adanya masalah atau penyakit mata, pada orang yang usianya > 40 tahun sebaiknya periksa mata minimal satu tahun sekali, karena pada usia tersebut kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...