Insiden Tembok Roboh, Kemenag Lakukan Investigasi Bangunan Lain

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan membentuk tim untuk melakukan investigasi terhadap bangunan yang ada dibawah naungan Kemenag. Hal ini usai adanya insiden robohnya tembok sekolah MTsN 19 Jakarta, pada Kamis (6/10).

Meteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan secepatnya akan membentuk tim untuk melakukan investigasi.

“Investigasi ini dapat berupa audit. Bisa jadi kualitas bangunannya bagaimana, itu sudah saya perintahkan dan bikin tim,” kata Yaqut, saat diminta keterangan, pada Jumat (7/10).

Lebih lanjut ia mengatakan pada Jumat ini tim investigasi memulai rapat perdana untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut.

“Karena terus terang kita khawatir, mudah-mudahan ini pengalaman terakhir. Karena itu saya kira diperlukan secepatnya kita tangani,” ucap Yaqut.

Terkait pembiayaan proses audit dan investigasi ini nantinya Kemenag yang akan menanggung seluruh pembiayaan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya akan berkoorinasi dengan Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta untuk membenahi sekolah ini.

“Untuk renovasi itu nanti kita rembuk bersama. Sebabm banyak pihak pemangku kebijakan yang bisa mengambil peran ada PUPR, Pemprov dan sebagainya,” kata Muhadjir.

Labih lanjut ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi sesegera mungkin untuk menangani tempat ini. Termasuk bagaimana supaya tidak jadi langganan genangan angin.

“Mungkin bisa kita nego untuk memperluas lahan yang sempit ini, dan bangunannya sudah cukup tua, sejak 1997 sudah waktunya untuk dibenahi secara lebih drastis,” ujar Muhadjir.

Artikel Terkait