Tragedi Kanjuruhan, IPW: Polisi Lakukan Kesalahan Prosedur

Forumterkininews.id, Jakarta - Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan penembakan gas air ke arah suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, membuat kepanikan banyak orang yang kemudian lari berdesakan keluar.

“Polisi melakukan kesalahan prosedur menembakan gas air mata, yang mendorong penonton lari menuju pintu gerbang terkunci dan terjadi penumpukan penonton sehingga kehabisan oksigen,” ucap Sugeng, saat dihubungi, pada Senin (10/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan apabila gas air mata tidak ditembakan, maka kerusuhan bisa diminimalisir meskipun pintu terkunci.

Sementara itu ia mengatakan apabila pintu tidak terkunci dan gas air mata ditembakan, maka dapat ditekan potensi jatuhnya korban yang jumlahnya banyak.

Terkait hal ini ia menilai ada dua pihak yang pantas disalahkan atas kematian para supporter, yaitu kepolisian dan Security Officer pertandingan.

“Polisi maupun Security Officer dianggap bersalah dan bisa dipidana, maka harus sama-sama bertanggung jawab,” tutur Sugeng.

Untuk diketahui, berdasarkan pencatatan yang dilakukan ulang oleh Tim DVI Polri dan instansi terkait, validasi data jumlah korban luka-luka dalam tragedi tersebut sebanyak 574 orang.

Jumlah ini bertambah dari data sebelumnya, Selasa (4/10) sebanyak 467 orang.

Dari 574 korban luka-luka, tercatat sebanyak 506 luka ringan, 45 orang luka sedang dan 23 orang luka berat. Sedangkan data korban meninggal tetap 131 orang.

“Semua data telah dikonfirmasi dengan direktur rumah sakit, sebagai pelayanan medis dan bagian forensik,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, dalam keterangannya, Sabtu (8/10).

Dalam tragedi Kanjuruhan, Polri telah menetapkan enam orang tersangka, yakni tiga orang dari pihak swasta dan tiga orang dari personel Polri.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...