Ini Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Keputusan

Forumterkininews.id, Jakarta – Menginjak usia dewasa pastinya kita sudah bisa makan makanan pedas sesuka kita. Namun kita juga harus mampu menentukan tingkat pedas pada makanan tersebut.

Artinya meski kita memiliki kebebasan untuk mengambil keputusan, kita juga perlu tahu resiko yang akan kita dapat setelahnya. Artikel ini akan membahas hal-hal yang mesti kamu pertimbangkan ketika ingin memutuskan sesuatu. Simak sampai habis ya!

Jangan terburu-buru mengambil keputusan

Dilansir dari OprahDaily, menurut psikolog Daniel Kahneman, pemenang Hadiah Nobel dalam ilmu Ekonomi, bahwa manusia memiliki dua sistem pemikiran yang berbeda: satu yang cepat dan intuitif, dan satu lagi yang lambat dan analitis. Namun dalam hal membuat suatu keputusan, kita tidak melulu harus memakai sistem yang cepat, mengingat dampak panjang yang akan didapat.Oleh karena itu, analisis lah dulu perkiraan resiko yang akan kamu dapatkan  ketika dihadapkan dengan banyak opsi yang membingungkan.

Cari referensi dari orang-orang yang berpengalaman

Belajarlah dari pengalaman orang lain, begitu kata orang tua  zaman dulu.
Terkadang, pilihan adalah tentang fakta. Tiket pesawat mana yang nyaman dan murah? Sekolah mana yang memiliki layanan yang dibutuhkan anak? Namun terkadang, pilihan tidak benar-benar tentang fakta. Akankah pekerjaan baru itu benar-benar nyaman daripada pekerjaan lama kita? Sangat sulit untuk meneliti yang satu itu! Dalam kasus ini, kita harus mengandalkan insting terpendam.Para peneliti menemukan bahwa keputusan go-with-your-gut atau berjalan sesuai insting tentang hal-hal seperti pekerjaan atau membuat perubahan besar dalam hidup cenderung berhasil dengan baik. Proses pengambilan keputusan yang intuitif sering kali memungkinkan sedikit lebih banyak risiko, namun tetap dapat menuai hasil yang besar.

Pastikan punya banyak informasi mengenai keputusan yang akan diambil

Untuk membuat keputusan, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi yang berhubungan langsung dengan masalah. Melakukan hal ini akan membantu kita untuk lebih memahami apa yang perlu dilakukan dalam memecahkan masalah, dan juga akan membantu menghasilkan ide untuk solusi yang memungkinkan.

BACA JUGA:   Cara Hindari Asam Lambung saat Berpuasa
Jangan terpengaruh kata orang

Meski perlu mencari referensi dari orang lain, hal yang harus kamu catat adalah tidak terpengaruh dengan orang-orang itu. Jadikan masukan yang mereka beri sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui lebih dulu resiko yang akan kamu dapat.

Tanyakan lagi pada dirimu

Tahap terkahir dalam mengambil suatu keputusan adalah bertanya pada diri kamu sekali lagi, “Apakah aku benar-benar butuh

Artikel Terkait

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...