Apakah Benar Minum Kopi di Pagi Hari Mengurangi Risiko Kematian?

Forumterkini.id, Jakarta- Sebagian orang mungkin berpikir untuk menghindari agar tidak mengonsumsi kopi. Pasalnya, minuman itu dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Namun bagaimana jika sebenarnya kopi dapat menambah usia sehingga menurunkan risiko kematian penikmatnya? Forumterkininews.id akan membantu kamu untuk menemukan jawabannya.

Jika kamu tidak pernah memulai pagi tanpa secangkir kopi, kamu mungkin tertarik efek apa saja yang diberikan jika mengonsumsinya.

Mengonsumsi minum minuman yang sangat populer ini dapat secara signifikan menurunkan risiko kematian kamu dalam beberapa tahun ke depan.

Dalam laman health.harvard.edu menyebutkan bahwa ada sebuah studi baru mengenai hal tersebut.

Annals of Internal Medicine mempublikasikan sebuah studi secara online pada 31 Mei 2022, yang menganalisis data tentang konsumsi kopi lebih dari 170.000 orang (usia rata-rata 65) dari Inggris yang tidak menderita kanker atau penyakit kardiovaskular pada awal penelitian.

Para peneliti melacak para peserta selama rata-rata tujuh tahun. Mereka juga memperhitungkan faktor-faktor lain seperti, gaya hidup, diet, jenis kelamin, usia, dan etnis.

Orang yang minum 1,5 hingga 3,5 cangkir kopi setiap hari, bahkan dengan satu sendok teh gula tambahan per cangkir, hingga 30% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama studi daripada mereka yang tidak minum kopi.

Tampaknya tidak masalah apakah kopi mengandung kafein atau tidak, tetapi manfaatnya meruncing bagi mereka yang minum lebih dari 4,5 cangkir kopi setiap hari.

Penelitian ini bersifat observasional, yang berarti para peneliti tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat antara minum kopi dan risiko kematian yang lebih rendah.

Penting juga untuk dicatat bahwa kopi manis dalam penelitian ini hanya memasukkan satu sendok teh gula tambahan.

Banyak peminum kopi menambahkan jauh lebih banyak, yang dapat membahayakan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

BACA JUGA:   Gedung DPR RI Didemo Ribuan Tenaga Medis dan Kesehatan

 

 

Artikel Terkait

Dokter Mayo Clinic Ungkap Perkembangan Terbaru Pengobatan Kanker

FT News – Diagnosis kanker selama ini dianggap sebagai...

Turun 21 Kg, Penampilan Terbaru Marshanda bikin Pangling

Marshanda sukses membuat pangling banyak orang dengan penampilan terbaru....

Jaga Kesehatan di Tengah Musim Hujan, Ini Caranya

FT News – Musim hujan sudah mulai datang. Ada...